Sabtu, 22 September 2018

10 Tempat Wisata Terhits di Bekasi



Banyak yang mengira bahwa Bekasi merupakan kota industri yang mungkin jarang sekali bisa menemukan destinasi wisata disana. Padahal dibalik itu semua, sebenarnya Bekasi memiliki banyak sekali destinasi wisata yang indah dan menarik.

Meskipun destinasi wisatanya tidak sebanyak yang ada di Malang, berbagai tempat wisata di Bekasi memiliki pemandangan yang indah, menarik dan bakalan membuat anda ingin mengunjunginya lagi dan lagi. Langsung saja, berikut sepuluh tempat wisata di Bekasi yang wajib anda kunjungi dan tidak boleh dilewatkan!

1. Muara Gembong


Muara Gembong merupakan salah satu destinasi alternatif bagi anda dan keluarga yang sedang ingin menikmati kawasan pesisir. Mengapa demikian? Selain dapat anda tempuh melalui jalur darat dari Jakarta, anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya hanya untuk berwisata keluar kota. Keistimewaan Muara Gembong ialah merupakan salah satu pantai yang dapat anda nikmati di akhir pekan bersama keluarga.

Pantai Muara Gembong ini terletak di Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat yang berbatasan dengan Teluk Jakarta dan Kabupaten Karawang, di Desa Pantai Sederhana. Jarak tempuh menuju ke tempat ini diperkiran kurang lebih 2 jam perjalanan, tidak jauh dari Jakarta bukan? Hmm… bila anda mengkhawatirkan fasilitas, di sana sudah cukup lengkap bahkan anda masih bisa mengunjungi pantai-pantai di sekitarnya. Fasilitas yang disediakan berupa Hutan Mangrove (hutan bakau alami yang biasanya para wisatawan juga kunjungi), area parkir, toilet, musholla, penginapan, satwa lutung hitam dan beberapa jenis burung lokal, serta budidaya aneka hewan laut lainnya (seperti ikan, udang, dan rumput laut).

Objek wisata Pantai Muara Gembong selain Pantai Muara Gembong itu sendiri dan Hutan Mangrove seperti yang disebutkan sebelumnya, anda juga dapat mengunjungi Pantai Mekar. Untuk mencapai pantai ini anda cukup menyewa kapal nelayan untuk menyebrang. Pantai Mekar ini menyediakan keindahan batu karang. Selain itu Pantai Mekar ini juga menyediakan fasilitas lainnya seperti tempat untuk para wisatawan beristirahat dan menikmati keindahan pantai ini dengan menyediakan pondokan dan tempat memancing. Saran kami bila memang anda ingin memancing di pantai ini, anda perlu membawa alat memancing dari rumah.

Selain itu Muara Gembong menyediakan objek lainnya yaitu Pantai Muara Bendera. Pantai ini menyediakan pemandangan yang tidak kalah indahnya serta memperlihatkan satwa liar lainnya. Tapi ada satu hal yang unik anda lihat di Pantai Muara Bendera ini yaitu anda dapat melihat kampung nelayan di pinggir laut. Selain itu hal menarik lainnya adalah dapat melihat burung-burung yang singgah dan berimigrasi di pantai ini yang berasal dari Laut Cina menuju Samudera Pasifik.

Bagi anda yang ingin menikmati pantai yang cukup sepi dan tidak kalah indahnya untuk menghilangkan kepenatan di kota, Pantai Muara Beting merupakan pilihan yang tepat. Pantai ini terletak di sekitaran Muara Gembong. Pantai ini juga menyediakan fasilitas untuk para wisatawan seperti tempat makan dan anda dapat menikmati Hutan Bakau juga.

2. Jembatan Cinta Tarumajaya


Jembatan Cinta Tarumajaya terletak di Pantai Marunda, Segara Jaya, Taruajaya, Kabupaten Bekasi. Mitos atau fakta jembatan ini dapat membantu anda menemukan belahan hati anda. Sangat cocok bukan bagi anda yang saat ini berstatus lajang? Tapi jangan heran bila anda menuju ke lokasi jembatan ini akan menemukan banyak jalan berlubang, berdebu, bahkan box-box kontainer, maklum saja lokasi ini juga merupakan salah satu tempat pergudangan.

Bila anda ingin berbelanja ikan tempat ini juga cukup murah, bahkan fasilitas di sekitaran jembatan ini juga menyediakan tempat parkir bagi pengunjung. Tapi pernah anda bertanya-tanya mengapa jembatan ini dikatakan jembatan cinta? jawabannya adalah pantai ini mirip dengan jembatan yang berada di Pulau Tidung. Bila diperhatikan secara seksama jembatan ini merupakan pusat pemulihan hutan mangrove.

Selain anda dapat berjalan-jalan sepanjang jembatan ini, anda dapat juga melihat keindahan hutan magrove di sekitran jembatan ini. Selain berekreasi di hutan bakau anda dapat foto-foto di sekitaran tambak-tambak dan menikmati kehidupan para nelayan di sana.

3. Summarecon Bekasi


Bila anda ingin mengunjungi Bekasi namun tidak suka beraktivitas di luar yang cukup panas dan berdebu, Summarecon Mall Bekasi bisa menjadi alternatif yang bisa anda kunjungi bersama keluarga. Summarecon Mall Bekasi ini terletak di Jalan Boulevard Ahmad Yani Blok M, Sentra Summarecon Bekasi, Kota Bekasi.

Tidak perlu menanyakan fasilitas yang disediakan Mall ini, tentu sama dengan mall besar pada umumnya. Bagi anda yang suka kehidupan lifestyle dan entertainment, mall ini bisa menjadi pilihan yang menjanjikan. Ikon dari Summarecon Bekasi ini adalah hiasan lampu berbentu piramida terbalik yang sangat indah dan menarik.

4. Flyover KH. Noer Ali


Flyover yang baru diresmikan pada tahun 2013 ini dapat anda nikmati karena berhubungan langsung dengan Summarecon Bekasi. Flyover sepanjang 1 km dengan lebar 22 meter ini memiliki empat jalur yang menghubungkan dari Jalan Ahmad Yani ke Kota Summarecon Bekasi. Kontruksi dari fly over ini cukup canggih. Mengapa demikian? karena flyover ini membentang di atas rel kereta api tanpa penyangga, menarik bukan?

Flyover ini juga menjadi penghubung antara Bekasi Utara dan Bekasi Selatan, sehingga memudahkan masyarakat untuk berkunjung. Flyover ini merupakan ikon dari Summarecon Bekasi untuk mengembangkan bisnis dan menaikkan pendapatan daerah Bekasi itu sendiri.

5. Waterboom Lippo Cikarang


Bila anda dan keluarga ingin menikmati destinasi dengan kolam renang dan air Waterboom Lippo Cikarang bisa menjadi pilihan. Waterboom ini terletak di Jalan Madiun Kav. 155, Lippo Cikarang, Bekasi. Sebelum memasuki Waterboom ini anda memiliki pilihan untuk tiket masuknya dari Tiket Reguler, Paket Korporasi, dan Paket Sekolah bila rombongan.

Waterboom ini menyediakan beragam keunikan kolam renang dan fasilitas lainnya seperti Kolam Ceria, Kolam Arus Dewasa, Kiddy Area, Gentong Gebyur, Kapal Siba Terompah, Pita Debar-debar, Pita Gurita, dan Lorong Penyu. Kolam Ceria dapat anda temukan ketika pertama kali masuk Waterboom ini, kolam ini diperuntukkan untuk orang dewasa dengan kedalaman mencapai 1,3 km. Di kolam ceria ini anda dimanjakan dengan Whirl Pool yaitu berupa gelembung-gelembung air yang memijat tubuh sehingga anda menjadi cukup rileks. Selain itu Kolam Ceria ini menyediakan Pool Bar and Juice Station, sehingga anda dapat menikmati minuman dan makanan sambil berendam di kala lapar.

Permainan yang tak kalah menariknya di kolam ceria ini adalah Volley Ball, Gebluk Guling, Pool Log Race, dan aneka permainan seru lainnya. Kolam renang lainnya yaitu Kolam Arus Dewasa yang membawa anda layaknya air sungai yang mengalir dengan kedalaman 1 meter dengan mengelilingi area lansekap Waterboom Lippo Cikarang. Selanjutnya kolam renang yang aman bagi anak-anak terletak di Kiddy Area dengan kedalaman hanya 50cm saja. Kiddy Area ini dihiasi dengan konsep Pirates dan adanya Kapal Siba Perompak sebagai ikon.

Fasilitas lainnya yang disediakan oleh Kiddy Area ini adalah Gentong Gebyur, Kisaran Pusing-pusing, Jeram Berang-berang serta wahana lainnya yang dapat anak anda nikmati. Selain itu anak anda juga dapat menikmati kolam arus anak bak sungai dengan hanya ketinggian 60cm, tidak hanya sampai di situ saja anak anda dapat menikmati Lorong Penyu yang menambah keberanian anak anda.

Selain itu anda dapat menikmati Pita debar-debar dinama anda akan meluncur menggunakan ban karet sepanjang 17 meter dengan struktur yang unik terbuat dari menara kayu cocok untuk remaja dan dewasa. Pita debar-debar ini cocok untuk memacu adrenalin anda. Bila ingin mencoba wahana lainnya yang cukup memacu adrenalin anda yaitu dengan mencoba Pita Gurita sepanjang 17 meter. Pita Gurita ini meliuk-liuk bak gurita. Anda tidak perlu khawatir, Life Guard Waterboom siap untuk menjaga keamanan dan kenyamanan anda selama mencoba fasilitas di Waterboom ini. Di sekitaran kolam anda dapat menikmati alunan musik tradisional Gamelan khas Bali dan suasana asri yang siap memanjakan anda dan keluarga.

6. Gedung Juang 45


Bila anda ingin wisata sejarah, Gedung Juang 45 merupakan pilihan yang tepat. Gedung Juang ini terletak di Jalan Sultan Hasanuddin No. 39, Setiadarma, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi. Sebelum revolusi gedung ini bernama Gedung Tinggi pada tahun 1910. Gedung ini merupakan saksi pemuda melawan Belanda. Di dalam gedung ini banyak terdapat benda pusaka yang bisa anda nikmati. Seperti keris, plakat tembaga, foto prasasti tarumanegara, dan batu.

7. Danau Cibeureum Grand Wisata


Danau ini terletak di Desa Lambang Jaya, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi. Danau ini terbentuk secara alami yang berada di atas tanah cekung. Awal mula luas danau ini sekitar 38 hektar, dimana sebagai sumber pencarian warga sekitar seperti ikan dan kangkung, namun sejak tahun 1990 dengan dibangunnya grand wisata, danau ini hanya seluas 2 hektar saja.

Bila mengunjungi danau ini, anda akan disediakan beragam fasilitas seperti saung bambu, warung makan, taman bunga (seperti gambar diatas), kios souvenir, tempat parkir, dan toilet. Walaupun lokasi danau ini menjadi sempit, anda tidak perlu khawatir. Selain fasilitas yang disebutkan sebelumnya, danau ini juga memanjakan pengunjungnya bagi yang suka dengan memancing.

Di danau ini terdapat banyak ikan tawar seperti ikan mujair, ikan tawes, ikan gabus, ikan, keting, dan banyak lagi. Hal yang menarik lainnya adalah misteri buaya putih yang konon kerajaannya berada di dasar laut danau tersebut.

8. Rumah Pohon Bekasi


Lokasi rumah pohon ini terletak di Jalan Raya Parpostel, Jatiasih, Bekasi. Di sana anda akan banyak menemukan rumah pohon dari kayu asli sembari menikmati suasana hutan yang sejuk. Rumah pohon ini dibuka setiap hari dari pukul 09.00-17.00 WIB. Bila anda dari keluar kota alternatif lain dengan memasuk tol jati asih.

9. Hutan Kota


Salah satu destinasi alam lainnya yang dapat anda kunjungi adalah Hutan Kota. Hutan kota ini berada di Jl. Ahmad Yani (Belakang Stadion Patriot Bekasi), Desa Margahayu, Bekasi Selatan. Hutan Kota memanjakan anda dengan suasana yang sejuk dan asri, di samping itu tentu salah satu destinasi wisata yang murah meriah. Nama lain hutan ini adalah Hutan Bina Bangsa.

Fasilitas yang disediakan oleh hutan ini yaitu berupa toilet, musholla, dan pos polisi. Sekitaran hutan ini juga menyediakan lintasan bagi anda yang gemar bersepeda dan jogging lho. Hutan ini juga merupakan salah satu bumi perkemahan Pramuka. Anda dapat menemui berbagai macam pohon seperti Pohon Akasia, Pohon Mahoni, Pohon Ketapang, Pohon Kecapi, Pohon Asam, Pohon Sengon, dan banyak lagi.

Tidak hanya itu saja di hutan ini anda dapat mendengarkan berbagai macam kicauan burung. Demi kenyamanan para pengunjung, Pedang Kaki Lima (PKL) tidak diperkenankan masuk area ini.

10. Danau Marakas


Destinasi terkahir yang wajib anda kunjungi di Bekasi adalah Danau Marakas. Danau yang besarnya sekitar 2 hektar ini terletak di Komplek Perumahan Pesona Ungu, Bekasi. Danau yang sudah ada sejak tahun 1992 ini merupakan danau buatan yang dibuat oleh pengembang untuk dijadikan rekreasi warga dan tempat penampungan air.

Fasilitas yang disedikan danau ini adalah selain sejuk, kolam renang, tempat parkir yang luas, aneka kuliner, permainan anak yang seru, hingga memancing ikan. Namun perlu beberapa di tata di danau ini seperti lampu dan tidak beraturannya lapak pedagang serta kebersihan sekitaran danau.


0 komentar:

Posting Komentar