Rabu, 12 September 2018

10 Tempat Wisata di Kota Pematang Siantar



Kota Siantar merupakan kota kedua terbesar di Sumatera Utara setelah kota Medan. Tentunya ada banyak tempat-tempat wisata yang menarik disini. Dimana Sumatera Utara dikenal dengan kentalnya budaya bataknya ternyata menyimpan banyak potensi yang dapat kita eksplorasi.

Sumatera Utara mungkin sudah identik dengan Danau Toba dll, Sebelum kita ulas daftar sambangi saat liburan. Beranjak ke koa lain. Pematangsiantar atau dikenal dengan Kota Siantar yang merupakan kota terbesar kedua di Sumatera Utara. ternyata ada banyak tempat wisata di kota Siantar. Nah ini 10 tempat di kota Siantar yang gak boleh kamu lewati, yuk mari kita simak dibawah ini,

1. Patung Dewi Kwan Im


Apabila Anda memiliki rencana untuk pergi ke tempat wisata yang sangat kental dengan nilai keagamaannya, maka Vihara Avalokitesvara menjadi salah satu tempat yang wajib untuk Anda datangi. Vihara Avalokitesvara terletak dipusat kota Pematang Siantar dan menjadi salah satu objek wisata yan paling sering didatangi oleh masyarakat keturunan Tionghoa.

Salah satu objek wisata paling terkenal yang ada di Vihara Avalokitesvara adalah Patung Dewi Kwan I yang memiliki tinggi mencapai 22,8 meter dan disebut sebagai patung teringgi di Asia Tenggara. Proses pembuatan patung Dewi Kwan Im dilakukan di negara China dengan menggunakan batu granit. Untuk membuat Patung Dewi Kwan Im diperlukan waktu selama tiga tahun dengan biaya yang sangat besar, yakni mencapai sembilan miliyar rupiah.

2. Kebun Teh Sidamanik


Terdapat tiga perkebunan teh di wilayah Sidamik yaitu Kebun Teh Toba Sari, Kebun Teh Bah Butong, dan Kebun Teh Sidamanik. Kebun Teh Sidamanik memiliki luas hingga 8.373 hektar, sampai dengan saat ini Kebuh Teh Sidamik masih dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) IV (Persero).Jenis teh yang ditanam di Kebun Teh Sidamanik adalah teh hitam. Perlu diketahui jika Kebun Teh Sidamanik menjadi kebuh teh tertua yang ada di wilayah Sidamanik.

3. Air Terjun Bah Biak


Masih belum beranjak dari Kebun Teh Sidamanik, ada satu lagi tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Air Terjun Bah Biak.

Lokasi Air Terjun Bah Biak berada tepat di tengah-tengah area perkebunan Teh Sidamanik. Mayoritas wisatawan yang berkunjung ke Kebun Teh Sidamanik, biasanya selalu menyempatkan diri untuk turut berkunjung ke tempat ini.

Air terjun Bah Biak tidak terlalu tinggi. Debit airnya pun juga tidak terlalu deras. Hanya saja, bentuk air terjunnya agak sedikit unuk, yaitu bertingkat-tingkat mengikuti bentuk tebing bebatuan yang dialirinya.

Kondisi air yang mengalir di air terjun ini tergolong masih sangat jernih. Jika kamu suka bermain air atau pun suka mengambil foto berlatar belakang panorama, tempat ini benar-benar sangat pas untuk kamu kunjungi.

Hingga pertengahan Tahun 2018, air terjun ini masih dibuka untuk umum secara cuma-cuma alias gratis, sayangnya, fasilitas wisata ditempat ini masih tergolong sangat terbatas.

4. Air Terjun Katasa


Berikutnya ada Air Terjun Katasa. Atau juga dikenal dengan nama Air Terjun Kembar. Obyek wisata ini terletak di kecamatan Hatonduan. Disebut sebagai Air Terjun Kembar karena dilokasi yang sama terdapat dua air terjun, namun uniknya kedua air terjun saling terpisah. Selain bisa menikmati keindahan air terjun, Anda juga bisa merasakan udara segar dengan pemandangan yang sangat asri.

5. Taman Hewan Pematang Siantar


Setelah Medan, Siantar menjadi kota terbesar kedua di provinsi Sumatera Utara dan salah satu objek wisata yang wajin untuk Anda kunjungi adalah Kebun Binatang Siantar. Kebun Binatan Siantar berada Jl. Kapt. MH. Sitorus No. 10, Kota Pematang Siantar, Provinsi Sumatera Utara. Kebun Binatang Siantar mulai dibuka untuk umum pada tanggal 27 November 1936. Selanjutnya Kebun Binatang Siantar mengalami beberapa perbaikan dan kembali diresmikan pada tanggal 13 November 2007 oleh DR.H.Susilo Bambang Yudhoyono.

Koleksi hewan di Kebun Binatang Siantar cukup lengkap, mulai dari hewan mamalia, Aves dan reptil dapat Anda temukan disini. Selain itu, Kebun Binatang Siantar juga memiliki koleksi beberapa hewan laangka seperti komodo, singa Afrika, zebra, unta. Untuk bisa masuk ke Kebun Binatang Siantar, Anda harus membayar tiket sebesar Rp 15.000 per orangnya.

6. Air Terjun Tonduhan


Salah satu Air terjun Tonduhan yang berada di area perkebunan tepatnya area perkebunan kelapa sawit PTPN IV Hatonduan, Desa Buntu Bayu, Kecamatan Tonduhan, Simalungun adalah Air Terjun Tonduhan. Untuk bisa sampai dibagian bawah air terjun, Anda harus menuruni anak tangga yang telah disediakan oleh pengelola. Air Terjun Tonduhan tidak terlalu populer dan haya warga yang tinggal di sekitar Siantar dan Tanah Jawa yang mengetahui tentang Air Terjun Tonduhan.

7. Pemandian Alam Sejuk (PAS)


Pemandian Alam Sejuk berlokasi di Nagori Mariah Jambi, Simalungun. Tempat ini berjarak sekitar 20 KM dari pusat Kota Pematang Siantar dan dapat ditempuh dalam kurun waktu kurang dari 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Hampir sama seperti halnya Pemandian Alam Swiimbath, Pemandian Alam Sejuk juga menawarkan pengalaman wisata berupa tempat berenang yang masih alami.

Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota dan lingkungan sekitarnya yang sangat ramah dengan anak-anak, pemandian alam ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata bersama keluarga.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, kamu dapat mengunjunginya setiap hari dari mulai padi sampai dengan pukul 6 sore.

8. Manitoba Water Park


Meskipun tergolong sebagai kota kecil, tetapi kota kecil, namun Kota Pematang Siantar juga sudah memiliki wahana permainan air yang cukup memadai. Wahana permainan air ini berlokasi di Komplek Perumahan Bersatu Maju, Jl. Pendeta Wismar Saragih, Tanjung Pinggir, Pematang Siantar.

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata terbaik di kota Siantar yang bisa dikunjungi bersama dengan keluarga. Ditempat ini kamu dapat berenang dan bermain air sepuasnya.

Kamu juga dapat menikmati 3 buah seluncuran dan kolam renang khusus untuk dewasa yang cukup dalam. Tidak hanya itu, tempat ini uga kamu bisa menikmati dua fasilitas tambahan berupa big bucket dan air mancur..

Untuk bisa menikmati wahana permaiann di Manitoba Water Park kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, pasalnya biaya tiket masuk tergolong sangat murah hanya 10 ribu rupiah saja.

9. Tugu Becak Pematang Siantar


Tugu Becak Pematang Siantar merupakan salah satu tempat wisata hits di Siantar yang berlokasi di Jl. Merdeka Atas, Kota Pematang Siantar. Tugu ini merupakan bangunan yang baru diresmikan pada akhir Tahun 2016 yang lalu.

Becak Motor merupakan salah satu ikon Kota Pematang Siantar. Berbeda dengan angkutan becak yang ada di daerah-daerah lainnya, angkutan  becak yang ada di Kota Pematang Siantar ditarik dengan menggunakan Moge tempo dulu bermerk BSA.

Sayangnya, karena faktor usia dan harganya yang terus membumbung tinggi, keberadaan becak BSA di Siantar sudah semakin jarang. Pasalnya banyak pemilik becak yang mengalami kesulitan untuk mencari onderdil BSA. Di lain sisi beberapa diantara mereka juga banyak yang menjual BSA mereka karena tawaran harga yang sangat menarik.

10. Air Terjun Widuri Serdang Bedagai


Air terjun Sampuran atau lebih dikenal dengan nama Air Terjun Widuri berada di Dusun III Desa Dolok Merawan, Kecamatan Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Air Terjun Sampuran memiliki ketinggian hingga 30 meter. Untuk bisa sampai di Air Terjun Widuri, Anda harus melewati ratusan anak tangga yang berkelok-kelok.


0 komentar:

Posting Komentar