Selasa, 11 September 2018

10 Tempat Wisata Favorite di Pekan Baru

.

Pekanbaru adalah salah satu kota di Indonesia yang merupakan ibukota dari Provinsi Riau, di kota ini sangat terkenal dengan budaya Melayunya. Kota ini kini dikenal dengan kota bisnis karena di sana terdapat banyak sekali perkebunan sawit yang hasilnya di kirim hingga ke luar negeri. Namun bukan berarti tidak ada tempat menarik yang bisa Anda kunjungi saat Anda berada di kota Pekanbaru. Justru ada banyak sekali tempat wisata di pekanbaru yang menarik untuk dikunjungi. Saat Anda berkesempatan untuk datang ke kota Pekanbaru jangan lupa untuk menyisihkan sedikit waktu Anda untuk berkunjung ke tempat- tempat wisata di pekanbaru ini.

1. Museum Sang Nila Utama

Tak kenal maka tak sayang, jadi untuk lebih mengenali kota Pekanbaru dengan baik maka ada baiknya Anda mengenali dulu sejarah dan budaya yang ada di kota ini. Untuk itu Anda bisa mengawali perjalanan wisata Anda di Pekanbaru dengan mengunjungi museum sang nila utama yang letaknya berada di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru. Di museum ini Anda bisa menemukan banyak sekali benda yang berkaitan dengan kesenian dan kebudayaan kota Pekanbaru. Di sana terdapat pakaian tradisional dari Pekanbaru, alat-alat musik khas Pekanbaru, permainan tradisional khas Pekanbaru dan masih banyak lainnya.

2. Pasar Bawah


Berwisata tidak lengkap jika tidak berbelanja benda-benda khas dari Kota tersebut untuk oleh-oleh, atau jikalau Anda tidak berniat untuk membeli setidaknya Anda bisa cuci mata dan melihat benda-benda khas dari pekanbaru dari dekat. Maka dari itu wajib bagi Anda untuk mengunjungi tempat wisata di pekanbaru yang berikut ini, tempat ini bernama pasar bawah dan merupakan pasar tradisional di Pekanbaru yang umurnya paling tua. Pasar bawah berada di dalam bangunan 4 lantai yang unik bentuknya, bangunan tersebut merupakan perpaduan arsitektur antara Tionghoa dan Melayu. Pasar ini berada dekat pelabuhan di sungai Siak, mudah sekali diakses dari mana saja.

3. Perpustakaan Soeman H.S


Berwisata bukan berarti harus datang ke tempat-tempat yang berbau alam bukan? Anda bisa mencoba untuk berwisata dengan cara yang berbeda saat datang ke tempat yang dikenal dengan nama Perpustakaan Soeman H.S ini. Di sana Anda tidak hanya dapat membaca buku tapi juga berwisata. Pasalnya perpustakaan ini terletak di bangunan yang sangat unik. Nama perpustakaan ini merupakan nama seorang penulis yang berasal dari Riau.

4. Masjid Senapelan


Nah, jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata di pekanbaru yang memiliki nilai sejarah maka cobalah untuk berkunjung ke Masjid Senapelan, selain bisa beribadah di sana bagi umat muslim, Anda juga bisa melihat-lihat sekitar masjid ini yang merupakan peninggalan dari Kesultanan Siak yang pernah berkuasa di wilayah Pekanbaru. Masjid ini konon dibuat pada tahun 1762 dan awalnya dibangun dengan menggunaka kayu. Kini masjid tersebut sudah direnovasi oleh pemerintah sehingga bangunannya lebih kokoh dan indah.
 
5. Istana Siak Sri Indrapura 


Untuk melihat peninggalan Kesultanan Siak yang lain maka Anda bisa berkunjung ke tempat wisata di pekanbaru yang bernama Istana Siak Sri Indrapura ini. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota, sehingga bisa Anda tempuh dengan jarak yang dekat saat Anda baru datang ke kota ini. Kesultanan Siak merupakan kesultanan Islam yang pernah berjaya di Pekanbaru pada abad ke 16 hingga 20. Istana ini juga memiliki nama lain yaitu Istana Asherayah Al Hasyimiyah.

6. Taman Rekreasi Alam Mayang


Taman yang bertemakan alam ini sangat cocok untuk didatangi oleh Anda yang datang bersama dengan keluarga Anda. Bagi siapapun yang hobi memancing, maka tempat wisata di pekanbaru ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena di sana terdapat 3 kolam pancing yang bisa Anda datangi untuk memancing. Di sekitar tempat wisata ini adalah daerah perbukitan sehingga udaranya sangat sejuk. Jika Anda ingin menyaksikan Jembatan Leighton yang terkenal maka Anda juga bisa menikmatinya dari taman rekreasi Alam Mayang ini. Dengan datang ke tempat ini Anda bisa bersantai dan menikmati alam.

7. Kebun Binatang Kasang Kulim


Anda yang ingin memanjakan anak-anak Anda dan bersenang-senang dengan anak-anak maka bisa datang untuk mengunjungi kebun binatang kasang kulim yang bisa ditempuh dengan jarak 30 menit dengan kendaraan dari pusat kota. Kebun binatang ini memiliki luas 10 hektar dan pada saat hari libur sangat banyak dikunjungi oleh keluarga. Selain bisa melihat-lihat satwa yang ada di sana, anak-anak Anda juga akan puas bermain di tempat bermain yang ada di dalam tempat wisata di pekanbaru ini. Kemudian anak Anda juga bisa menambah pengalamannya dengan naik gajah di kebun binatang ini. Sungguh menarik bukan?

8. Riau Fantasi


Satu lagi tempat wisata keluarga yang bisa dikunjungi saat Anda datang ke Pekanbaru adalah Riau Fantasi yang juga dikenal dengan nama Labersa Water and Theme Park. Taman ini merupakan taman rekreasi yang paling besar yang ada di Pulau Sumatra. Tak heran jika taman rekreasi ini selalu penuh dengan pengunjung. Di sana Anda bisa menikmati rekreasi di dua area berbeda, yaitu ada wahana basah dan juga wahana kering. Sesuai dengan namanya wahana basah menyajikan kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak lengkap dengan berbagai wahananya. Jika Anda datang ke Pekanbaru dan datang ke sini bersama keluarga pasti liburan Anda akan semakin menyenangkan.

9. Masjid Agung An Nur


Jika Anda datang ke tempat wisata di pekanbaru yang satu ini, secara sekilas Anda pasti akan langsung teringat dengan bangunan Taj Mahal yang ada di India. Pasalnya kemegahan dari masjid Agung An Nur ini memang mirip dengan Taj Mahal. Masjid ini dibangun dengan perpaduan arsitektur mancanegara, tidak hanya Melayu tapi juga India, Turki dan Arab. Di masjid ini terdapat 5 kubah dan juga 4 menara yang menjulang serta menambah kemegahan dari Masjid ini. Masjid Agung An Nur didirikan dengan 3 lantai dan jika dilihat-lihat warna hijau nampak mendominasi masjid ini. Apalagi saat malam hari tiba, masjid ini akan terlihat jauh lebih indah karena dihiasi dengan lampu yang berwarna-warni.

10. Danau Buatan Lembah Sari



Ingin berwisata dengan tema alam? Maka datanglah ke danau buatan Lembah Sari yang merupakan tempat wisata di pekanbaru yang banyak dikunjungi oelh para wisatawan. Danau ini tepatnya berlokasi di Desa Limbungan, jika Anda datang dari pusat kota maka Anda harus menempuh jarak sejauh 10 km dengan kendaraan. Tadinya danau ini dibuat untuk pengairan sawah sampai akhirnya kini lebih difungsikan sebagai tempat wisata. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin piknik bersama dengan anggota keluarga Anda. Ada juga perahu dayung yang bisa disewa untuk mengelilingi sekitar danau.


0 komentar:

Posting Komentar